Commando Semua Informasi Terkini Dan Ter-Update

Friday, March 31, 2017

Yuk Intip Kondisi Dapur Umum Kodim 0212/TS Di Lokasi Pengungsian Padang Sidempuan

Yuk Intip Kondisi Dapur Umum Kodim 0212/TS Di Lokasi Pengungsian Padang Sidempuan


Untuk meringankan beban bagi para warga korban banjir bandang di Padang Sidempuan, Kodim 0212/TS membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi korban bencana banjir bandang, Rabu (29/3/2017).

Kondisi Sungai Batang Ayumi Kota Padang Sidempuan tepatnya di Sitamang Baru Gang Nauli yang meluap beberapa hari lalu saat ini mulai berangsur mengalami penurunan menurut pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Selatan, Rabu (29/3/2017).

Yuk Intip Kondisi Dapur Umum Kodim 0212/TS Di Lokasi Pengungsian Padang Sidempuan
Meski mulai mengalami penurunan, banjir luberan sungai Batang Ayumi masih menggenangi sebagian pemukiman warga di sepanjang bantaran sungai. Sebagian warga bertahan di rumah masing-masing, namun sebagian lainnya memilih mengungsi di kantong-kantong pengungsian yang telah disediakan.

“Dapur umum ini buka sebagai bentuk kepedulian TNI pada warga yang terdampak bencana banjir bandang,” ujar Kasdim 0212/TS Mayor Inf Andika Suseso, S.I.P;

Seperti diketahui bersama, banjir bandang telah menerjang kota Padang Sidempuan pada minggu malam (26/3) akibat hujan deras terus menerus yang mengakibatkan sungai Batang Ayumi meluap. Ratusan rumah warga rusak akibat diterjang banjir bandang akibat meluapnya sungai tersebut. Kerusakan terparah berada di Kelurahan Batu Nadua Julu.

Sejumlah alat berat sudah diturunkan untuk membersihakan material longsor di kawasan pemukiman warga. Tak hanya ratusan rumah yang rusak, banjir bandang juga mengakibatkan ratusan orang luka-luka dan lima orang meninggal dunia. Sebanyak tujuh belas rumah dan tujuh mobil dilaporkan hanyut terbawa derasnya banjir.

Para korban banjir bandang mengalami trauma dan meminta bantuan warga yang melintas di atas jembatan Sungai Batang Ayumi. Warga mengaku kehilangan seluruh harta benda dan mengharapkan bantuan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan perbaikan tempat tinggal yang rusak.