Commando Semua Informasi Terkini Dan Ter-Update

Saturday, March 11, 2017

TNI AL dan Tentara Malaysia Patroli Bersama di Selat Malaka - Commando

Perkuat Kerja sama TNI AL dan Tentara Malaysia Patroli Bersama di Selat Malaka - Commando


Medan - TNI AL bersama Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) melakukan patroli bersama di Selat Malaka. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya kejahatan seperti perompakan, terorisme, berbagai penyelundupan, kecelakaan pelayaran dan pencemaran lingkungan.

Seperti diketahui, Selat Malaka merupakan selat yang terletak diantara Thailand, Malaysia, Singapura dan Pulau Sumatera. Dengan letak dan posisinya yang strategis, menjadikan Selat Malaka sebagai jalur pelayaran Internasional yang cukup padat.

Pentingnya Selat Malaka bagi Indonesia dan Malaysia, maka TNI AL melakukan patroli terkoordinasi Malindo dengan Tentara Laut Diraja Malaysia.


Perkuat Kerja sama TNI AL dan Tentara Malaysia Patroli Bersama di Selat Malaka - Commando
Foto: Patroli bersama di Selat Malaka (Jefris-detikcom)


Komandan Satgas Malindo 135/17 ,Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah mengatakan, Patkor Malindo ini diikuti oleh 4 kapal perang. Rinciannya, 2 kapal perang Indonesia yaitu KRI Clurit-641 dan KRI Alamang 644. Sementara, kapal perang Malaysia yaitu KD Laksamana Hang Nadim-134 dan KD Ledang-13.

"Patkor Malindo dilaksanakan di perairan Selat Malaka, perbatasan antara wilayah perairan Indonesia dan Malaysia," kata Bagus dalam keterangannya, Rabu (8/3/2017).

Ia mengatakan, patroli tersebut dilaksanakan bersama sesuai sektor serta pertukaran info dengan kapal yang melintas di Selat Malaka.

"Juga melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan," ujar Bagus.

Patkor ini berlangsung selama 10 hari dan ditutup pada hari ini. Setelah kegiatan, baik TNI AL dan Tentara Laut Diraja Malaysia tetap melakukan patroli laut yang tentunya saling berkoordinasi dalam hal informasi.

Sumber : Detik