Commando Semua Informasi Terkini Dan Ter-Update

Friday, February 3, 2017

Bangun Ketahanan Pangan, Kostrad Berikan Traktor Untuk Petani

Bangun Ketahanan Pangan, Kostrad Berikan Traktor Untuk Petani

Saat ini Dinas Pertanian Boven Digoel sedang mendorong seluruh kelompok tani yang ada agar melaksanakan penanaman tanaman jagung. Namun terkendala dengan kondisi lahan khususnya di Distrik Jair yang masih berupa hutan dan merupakan jenis tanah merah yang lengket sehingga susah apabila dalam pembukaan lahan pertanian menggunakan tenaga manusia.

Melihat kondisi yang seperti ini Satgas Pamtas Yonif Raider 330/Tridharma memberikan bantuan 1 unit traktor kepada masyarakat Asiki Boven Digoel yang tergabung dalam kelompok tani Sido Makmur.

Satgas Yonif PR 330/Kostrad memang sengaja membawa 2 unit traktor dari homebase untuk membantu masyarakat dalam hal pertanian di daerah penugasan sekaligus ikut menyukseskan program pemerintah tentang ketahanan pangan. Selain itu sebagai kenang-kenangan kepada masyarakat mengingat masa penugasan sudah mendekati akhir.

Bangun Ketahanan Pangan, Kostrad Berikan Traktor Untuk Petani

Masyarakat sangat terbantu dengan adanya bantuan ini dan berterima kasih kepada Satgas, dengan adanya traktor pekerjaan membajak ladang menjadi lebih mudah, hal ini disampaikan oleh bapak Ahmad yang merupakan ketua Kelompok Tani Sido Makmur. Kelompok tani ini memiliki 20 orang anggota yang terdiri dari masyarakat pendatang dan beberapa putra daerah Papua.

Bantuan traktor ini dilaksanakan secara simbolis dari Satgas kepada masyarakat yang diwakili oleh Pasiter Lettu Inf Didik Irwan kepada kelompok tani setelah sebelumnya dilaksanakan pembajakan ladang seluas 1 hektar yang nantinya akan dijadikan kebun jagung jenis tongkol dua bersama-sama dengan masyarakat.

Nantinya traktor ini dapat digunakan bukan saja oleh kelompok tani Sido Makmur tetapi juga oleh seluruh masyarakat yang ingin membuka lahan dan berbagai kegiatan pertanian agar dapat terciptanya ketahanan pangan di Kabupaten Boven Digoel. (Penkostrad)