Commando Semua Informasi Terkini Dan Ter-Update

Wednesday, January 4, 2017
Berlangganan

China Gelar Latihan Militer di wilayah sengketa Taiwan Geram - Commando

China Gelar Latihan Militer di wilayah sengketa Taiwan Geram - Commando

C0MANDO.COM - BEIJING - Seperti yang menegaskan sikapnya terkait dengan klaim wilayah Laut China Selatan, kapal induk China dilaporkan telah kembali melakukan latihan militer di wilayah sengketa tersebut. Melihat hal tersebut Taiwan Geram dan bahkan memprotes keras aksi yang dilakukan oleh China.

Menanggapi Protes dari Taiwan, China malah berdalih, dan menyebut jika pelayaran kapal induk Liaoning buatan Uni Soviet  tersebut merupakan hanyalah latihan biasa yang digelar secara rutin dan telah sesuai dengan hukum internasional. Kapal induk China -- yang datang dengan armada lengkap, termasuk armada helikopter -- mengelilingi kawasan timur pantai Taiwan.
China Gelar Latihan Militer di wilayah sengketa Taiwan Geram - Commando

Seperti yang sudah diberitakan oleh Reuters, Selasa (3/1/2017) latihan tersebut dilakukan hanya beberapa hari selepas kapal China memasuki kawasan Taiwan sekira 144 kilometer (km) di bagian selatan. Sesuai dengan keterangan resmi dari Kementerian Pertahanan Taiwan, sebelumnya kapal induk Liaoning memasuki Laut China Selatan (yang diklaim Taiwan) melewati selatan Taiwan, dan kemudian berlabuh di sebuah pangkalan pulau Hainan, China, pada 26 Desember.

Pada 25 Desember China menyatakan akan menggelar latihan militer rutin di wilayah Pasifik Barat. Bulan lalu armada kapal induk Liaoning, menggelar latihan di dekat wilayah Korea.

Helikopter J-15 menggelar latihan penerbangan di langit wilayah Laut China Selatan di tengah 'kondisi laut yang kompleks'. China secara tegas telah mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan yang merupakan salah satu jalur utama perdagangan sebagai bagian dari wilayahnya.

Selain itu, Laut China Selatan juga diklaim oleh Pemerintah Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam sehingga memicu sengketa. China diketahui gencar menggelar latihan militer seiring ketegangan politik yang terus meningkat dengan Taiwan. (rav)