Commando Semua Informasi Terkini Dan Ter-Update

Saturday, December 10, 2016
Berlangganan

Video Detik Detik Angin Puting Beliung Menerjang Kota Salatiga - Commando

Video Detik Detik Angin Puting Beliung Menerjang Kota Salatiga - Commando 

C0MANDO.COM - KOTA SALATIGA - Sesuai dengan hasil inventarisir yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Salatiga melalui Satpol PP Kota Salatiga dibantu juga oleh para pengurus warga setempat di Kelurahan Sidorejo Lor Kota Salatiga, Jumat (9/12/2016), setidaknya ada sekitar 215 rumah warga yang mengalami kerusakan Akibat terjangan Angin Puting beliung tersebut.

Video Angin Puting Beliung Menerjang Kota Salatiga Kemarin.


Berdasarkan data yang terpajang di papan pengumuman posko bencana yang didirikan di Halaman SD Sidorejo Lor 4 Kota Salatiga, tercatat ada dua RW yang mengalami kerusakan. Mayoritas bangunan atau rumah penduduk yang terdampak adalah rusak ringan. Adapun fasilitas lain ada dua masjid dan dua sekolah.


"Adapun korbannya ada sekitar 12 orang yang mengalami luka ringan. Lukanya rata-rata karena tergores atau tertimpa atap (seng atau genteng) maupun balok kayu. Sekolah yang terdampak adalah SD Sidorejo Lor 4 Salatiga dan SMK Muhammadiyah Salatiga. Sedangkan yang masjid adalah Masjid Mujahidin dan Masjid Al Burhan," kata Kepala Satpol PP Kota Salatiga Kusumo Aji kepada Tribun Jateng, Jumat (9/12/2016).

Secara rinci, rumah penduduk yang mengalami kerusakan di lingkungan Rw 01 adalah ada 38 bangunan mengalami kerusakan ringan, 12 rusak sedang, dan 4 rusak berat. Terbanyak ada di Rt 03 Rw 01 yakni 15 rumah rusak ringan, 7 rusak sedang, dan 2 rusak berat. Sementara di Rw 07, totalnya ada 177 rumah dan seluruhnya kategori rusak ringan.

Video Detik Detik Angin Puting Beliung Terjang Kota Salatiga, Akibat Bencana ini Sebanyak 215 Rumah Warga di Salatiga Rusak - Commando

Adapun yang terbanyak, terdampak ada di Rt 06 Rw 07 sebanyak 52 rumah lalu 29 rumah penduduk di Rt 11 Rw 07. Untuk seluruh rumah, termasuk pembersihan batang maupun ranting pohon yang masih berserakan di tepian jalan, pada Jumat (9/12/2016) pagi hingga siang telah diadakan kerja bakti massal.


"Kami akan segera menyalurkan bantuan untuk perbaikan rumah terhadap rumah terdampak angin puting beliung. Pemkot akan menggunakan dana tak terduga (TT). Tahun ini, kami ada alokasi anggaran dana TT tersebut sebesar Rp 142,5 miliar. Sebagian akan diambil dari dana tersebut dan kami yakini cukup untuk membantu warga memperbaiki rumah mereka," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Salatiga Tedjo Supriyanto. (*)